Cara Aman Berselancar Media Sosial


Satria Pekanbaru - Naahh..., kali ini saya akan membagikan beberapa tips 'Aman' kepada anda yang saat ini tidak asing lagi dengan media sosial (Medsos). Saat ini tidak bisa dipungkiri lagi anda telah menjadi ketergantungan terhadap perkembangan medsos yang telah menguasai sebagaian besar pangsa pasar pengguna internet.
Berbagai macam hal bisa dilakukan dengan medosos ini antara lain sebagai sarana jual/beli dan promosi produk, membuat grup-grup khusus, sebagai pemberi informasi/berita terbaru, tempat curhat, bahkan ada beberapa akun yang tidak bertanggung jawab menggunakan medsos ini sebagai sarana bully, penipuan, bahkan yang marak saat ini adalah transaksi seks secara online !!.

Tentunya anda, akan merasa perihatin terhadap kondisi saat sekarang ini dimana yang seharusnya medsos digunakan untuk hal yang positif telah diambil alih oleh akun-akun tertentu dan digunakan untuk kepentingan pribadi yang bersifat negatif tentunya.

Untuk itu saya akan membagikan kepada anda beberapa tips yang tergolong aman dalam bagi anda dalam berinteraksi di dunia maya.

Berikut tips aman berinteraksi di media sosial :

1. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memiliki sebuah akun dengan password tingkat keamanan yang tinggi dan unik.

Cara ini sebaiknya anda lakukan saat pertama sekali membuat akun medsos yang akan anda gunakan. sebaiknya setiap medsos yang anda miliki wajib menggunakan password yang berbeda-beda dan unik, yang mana hal ini bertujuan agar tidak mudah disusupi/hacker oleh akun yang tidak bertanggung jawab.

2. Hal kedua yang harus anda perhatikan adalah 'Periksa Uniform Resource Locator (URL)' anda sebelum melakukan login.

Cara ini biasanya dilakukan untuk kejahatan phishing oleh akun-akun tertentu dengan cara membujuk korbannya untuk dapat memberikan Username dan password. Setelah mendapatkan username dan password dari si korban, maka phisher (pelaku phishing) ini akan melakukan tindakan spam kepada semua pengikut (follower) akun media sosial si korban. Kebanyakan hal ini dilakukan oleh phisher untuk menipu korban dan mengarahkannya menuju halaman login yang palsu.

3. Maksimalkan fitur pelindung privasi yang telah disediakan.

Setiap medsos yang saat ini telah menjamur didunia maya, semuanya telah memberikan fitur perlindungan terhadap akun yang kita miliki. Namun sayangnya kita selalu tidak menghiraukan dan mengabaikan fitur penting ini. Manfaat utama dari fitur pelindung ini adalah kita dapat membatasi dan memblokir akun-akun yang sekiranya dianggap pengganggu bagi akun pribadi kita. Dan bahak mungkin kita akan membatasi akun-akun lain untuk tidak dapat melihat profil dan postingan kita, dan kita bisa mengkhususkan profil dan postingan kita hanya bisa dilihat oleh akun-akun yang dianggap aman dan dikenal.

4. Melakukan Update dan Sign Out.

Sebaiknya kita harus rutin untuk melakukan update browser dan sistem operasi yang kita gunakan dengan meningkatkan ke versi terbaru. Nah.., bagi yang rutin menggunakan komputer yang bersifat umum seperti halnya warnet, komputer di perpustakaan atau sekolah, pastikan telah melakukan log-uot/sign-out dengan benar dari akun media sosial yang anda akses.


Demikianlah beberapa tips sederhana dari saya yang bisa membuat akun medsos yang anda miliki aman dari gangguan akun-akun yang tidak bertanggung jawab.


Terimakasih telah mengunjungi http://satriapekanbaru.blogspot.co.id/

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Aman Berselancar Media Sosial"

Posting Komentar