Cara Mengaktifkan "Parental Control" Pada Google Playstore


Satria Pekanbaru - Haaaiii..., para pembaca setia, kali ini saya akan mencoba berbagi kepada anda mengenai "Kontrol Orangtua" yang terdapat pada Playstore Smartphone Android anda. Bisa dikatakan banyak diluar sana orang tua yang tidak mengetahui bahkan tidak mahami bagaimana cara membatasi anak dalam berselancar didunia Internet, khususnya dalam membuka sebuah aplikasi yang telah tertanam secara permanen di Smartphone, yaitu Playstore.



Umumnya, sebagian besar orangtua membiarkan bahkan membebaskan anak-anaknya dalam mengakses dan menggunakan aplikasi playstore dalam mencari permainan yang disukai sang anak. Hal itu dilakukan dengan tujuan agar sang anak tidak rewel dan mengganggu pekerjaan orangtuanya.

Tapi untuk perlu anda ketahui, bahayanya anak mengakses secara bebas aplikasi tersebut bisa berdampak buruk pada psikologi, karena mereka secara tidak sadar atau secara tidak langsung telah terpapar dan terkontaminasi dengan beberapa gambar dari aplikasi-aplikasi yang disediakan oleh Playstore tersebut. Yah.., bisa dibilang secara tidak langsung sang anak akan melihat beberapa gambar 'dewasa' yang tertera pada playstore tersebut.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, anda sebagai orangtua tidak perlu kahawatir karena dalam artikel ini saya akan memberikan trik jitu yang patut anda lakukan demi keselamatan masa depan anak-anak anda.

Berikut trik mengaktifkan "Parental Control (Kontrol Orangtua)" pada Playstore Smartphone Android :
  1. Buka aplikasi Playstore.
  2. Pada kotak pencarian "Google Play" terdapat gambar garis tiga bersusun.
  3.  
  4. Secara otomatis akan muncul tampilan menu yang keluar dari arah kiri.
  5.  
  6. Klik "Setting/Pengaturan".
  7.  
  8. Kemudian pilih menu 'Parental Control'.
  9. Setelah anda klik, akan muncul tampilan dari 'Parental Control' tersebut yang bertuliskan "Kontrol Orangtua Nonaktif".
  10. Klik "Kontrol Orangtua Nonaktif" tersebut.
  11. Setelah itu muncul pemberitahuan atau kotak dialog yang mengharuskan anda untuk memasukkan 'PIN' keamanan yang bertujuan agar tidak bisa dirubah oleh anak anda.
  12.  
  13. Masukkan nomor 'PIN' minimal 4 digit yang bisa anda ingan dengan mudah.
  14. Secara otomatis menu atau sistem "Kontrol Orangtua Nonaktif" berubah menjadi Kontrol Orangtua Aktif".
  15.  
  16. Anda bisa memilih berapa usia anak yang akan anda gunakan.
  17.  
Setelah semua selesai, maka anda telah berhasil memberikan pengamanan dan batasan kepada anak-anak anda dalam menjalankan aplikasi Playstore tersebut.

Demikianklah trik sederhana dari saya, semoga bermanfaat bagi anda dan untuk anak-anak anda :)

Terimakasih telah mengunjungi http://satriapekanbaru.blogspot.co.id

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Cara Mengaktifkan "Parental Control" Pada Google Playstore"

  1. Trims infonya...tapi Sy mengalami masalah dg menyimpan rating yg SDH dipilih..dmna setelah Sy simpan pilihan rating 3+ ada notifikasi "pilihan rating anda tidak bisa disimpan,coba lagi", begitu bunyinya selalu setelah berkali2 saya klik tombol "simpan", bgmna cr pemecahannya mhn solusinya tks.

    BalasHapus