Mengembalikan File yang Hilang Dengan Command Prompt



Satria Pekanbaru - Semakin berkembangnya teknologi dan sistem operasi maka akan selalu bersaing dengan kehebatan virus yang juga terus berkembang. Tentu saja ini membuat kita semakin menjadi was-was bahkan mengancam keselamatan data atau file yang kita anggap penting.

Tidak sedikit dari sekian banyak orang-orang yang saat ini telah menjadi pecandu teknologi kehilangan data atau file yang memang dianggap sangatlah penting.


Memang virus sangat menyebalkan membuat komputer atau data / file yang ada menjadi hilang dan merusak kinerja komputer itu sendiri. Terlebih jika file / data penting kita tiba tiba hilang, jangan panik kali ini saya akan membahas cara mengembalikan file yang terhapus / hilang di flashdisk, memory SD card, komputer bahkan di Hp Androidmu.

Namun tetapi, perlu untuk diketahui, tidak semua virus yang menyerang data atau file bahkan Sistem Operasi yang digunakan hilang, bisa jadi data atau file tersebut disembunyikan oleh sang virus agar kita sebagai pemilik merasa kehilangan dan menjadi panik bahkan sampai ketakutan tingkat tinggi.

Oke..., cukup sudah !! kali ini saya akan membantu para pembaca sekalian dengan berbagi tips dan trik cara mengetahui apakah data atau file yang hilang tersebut benar-benar telah hilang atau disembunyikan oleh virus jauh kedalam, sehingga kita sulit untuk menemukannya.

Pada tutorial kali ini syarat utamanya adalah harus media penyimpanan yang menggunakan media komputer. Mengapa demikian...???  Karena kita akan memaksimalkan penggunaan fasilitas yang telah disediakan oleh Sistem Operasi komputer yang kita miliki khususnya Sistem Operasi Windows yaitu fasilitas Command Prompt.

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

Klik Start pada kotak pencarian atau tekan (Ctrl + R) dan ketikan “cmd”  tanpa tanda petik lalu enter.



Jika tab cmd (Command Prompt) telah terbuka lalu ketikkan “CD..” tanpa tanda kutip berkali kali hingga tampil C:>.



Ketikan alamat drive (tempat flasdisk disimpan) yang akan anda cari misal H:> maka ketik saja setelah C:> .. Contoh : C:> H: Nanti akan berubah menjadi H:>.

Setelah berubah,maka ketikan  ATTRIB(spasi)*.*(spasi)-S(spasi)-H(spasi)-R(spasi)/S(spasi)/D  kemudian tekan enter. Catatan : kata (spasi) gunakan spasi pada keyboard anda bukan ditulis / diketik di CMD nya.


Dan selamat file / data anda yang tersembunyi oleh virus sudah tampil kembali.


Sekian dulu tips dari saya, semoga pembaca bisa mengikuti dengan baik tahap-tahap "Cara Mengembalikan File yang Hilang Dengan Command Prompt" yang telah saya sajikan ini, semoga bermanfaat :)

Terimakasih telah mengunjungi http://satriapekanbaru.blogspot.co.id

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Mengembalikan File yang Hilang Dengan Command Prompt"

  1. Kok invalid switch E
    Kan saya E nya tempat naro s fdnya d e mohon infonya min

    BalasHapus
  2. coba perhatikan spasinya ada yg kurang gak

    BalasHapus