Cara Membuat Efek Bayangan Dengan Photoshop

Satria Pekanbaru - Naaahh..!! jumpa lagi :) dengan para pembaca, setelah beberapa hari menghilang dari dunia maya, kali ini saya kembali hadir dengan membagikan beberapa trik kepada anda para pembaca. Kali ini saya akan berbagi bagaimana cara membuat efek bayangan pada sebuah objek dengan menggunakan photoshop.

Di sini saya telah menyiapkan sebuah gambar hasil penggabungan antara objek model dan background. Terlihat ada dua buah layer, layer yang pertama adalah gambar model dan layer yang kedua, yang ada di bagian bawah, adalah layer background.


Lah, terus bagaimana cara menampilkan efek bayangannya itu..??? penasaran..?? berikut tahapan-tahapannya yang bisa pembaca ikuti :


Tahap Pertama :
Untuk tahap ini yang akan kita lakukan adalah membuat efek Drop Shadow sederhana. Yaitu dengan mengklik icon Layer Style yang ada di bagian bawah Panel Layer kemudian pilih Drop Shadow. Untuk tahap pertama ini efek bayangan akan dibuat seolah-olah objek tengah duduk didepan sebuah poster berukuran besar, karena nantinya akan terlihat bayangan tepat jatuh dibelakang objek. Mari simak dan ikuti pengaturan Drop Shadow berikut ini :





Tahap Kedua :
Mengikuti pengaturan Drop Shadow di atas, kita telah menghasilkan efek bayangan bisa dikatakan tergolong bagus, akan tetapi masih belum menyatu dengan background yang ada dibelakangnya karena bayangan tersebut masih terlalu besar dan belum memiliki perspektif.

Untuk itu kita perlu melakukan editing gambar dengan memisahkan antara Layer Objek dengan Layer Style (bayangan) yang telah dibuat sebelumnya. Yaitu dengan cara klik kanan pada ikon huruf " f " yang terdapat disebelah kanan nama Layer pada Panel Layer.

Setelah itu akan keluar beberapa pilihan, kemudian pilih dan klik Create Layer. Setelah itu secara otomatis layer akan terpisah menjadi dua bagian yang berbeda. Efek bayangan yang sebelumnya menyatu akan terpisah secara otomatis dengan layer tersendiri dan nantinya akan diubah agar terlihat lebih nyata.



Tahap Ketiga :
Tekan tombol CTRL + T untuk memunculkan Free Transform Tool. kemudian klik kanan pada objek bayangan untuk memunculkan beberapa opsi tambahan. Setelah itu pilihlah opsi Distort. Klik dan drag titik - titik yang ada di keempat sudut bayangan sampai membentuk efek bayangan yang menurut anda pas dengan posisi objek model.

Sekian tips membuat bayangan pada sebuah objek dengan menggunakan photoshop, semoga bermanfaat :)

Terimakasih telah mengunjungi http://satriapekanbaru.blogspot.co.id

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Cara Membuat Efek Bayangan Dengan Photoshop"